Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Tahsya Nabila
  • Nisful Lailiyah
  • Jajang Mulyana STAI Sabili Bandung

DOI:

https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.23

Keywords:

kompetensi sosial, pendidikan

Abstract

Pendidikan dapat dikatakan suatu upaya pengembangan potensi dan penanaman nilai-nilai sosial budaya yang diyakini oleh sekelompok masyarakat agar dapat mempertahankan hidupnya. Guru sebagai peran utama harus memiliki kecakapan yang beragam sebagai modal pendampingan pendidikan peserta didik, di antaranya adalah kompetensi sosial. Kompetensi sosial pada guru dapat memberikan gambaran watak kehidupan bermasyarakat serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya kepada peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, metode penelitian kepustakaan melalui berbagai prosedur. Hasil penelitian ini adalah kompetensi sosial pada guru memberikan implikasi terhadap proses pendidikan yang diterima oleh peserta didik, pengembangan inovasi pembelajaran, keefektifan daya tangkap peserta didik yang sesuai dengan psikologi sosial masyarakat setempat.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nabila, T., Lailiyah, N., & Mulyana, J. (2023). Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Anak Usia Dini. MURABBI, 2(2), 83–99. https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.23

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.