Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bilangan Pada Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Materi Penjumlahan Bilangan 1-10
DOI:
https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.28Keywords:
Efektif, Kartu bilangan, Bahasa inggrisAbstract
Guru harus menciptakan media pembelajaran yang menarik dan bisa membangkitkan minat siswa. Salah satu penunjang keberhasilan dalam pembelajaran adalah pemilihan media yang tepat. Dengan memperkenalkan kepada siswa berbagai macam alat permainan dalam kegiatan-kegiatan belajar diharapkan dapat membangkitkan minat anak didik dalam proses pembelajaran. Salah satu teknik permainan dalam pembelajaran numbers yaitu dengan memperkenalkan alat permainan kartu bilangan. Teknik permainan kartu angka dibuat dan dimainkan sendiri oleh siswa, sesuai tugas dari guru. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif atau Collaborative Classroom Action Research. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa rata - rata skor hasil belajar menggunakan media kartu bilangan adalah 92 dari skor ideal 100. Skor tertinggi yang dicapai murid adalah 100 dan skor terendah 60, dengan standar yang berarti bahwa skor hasil belajar matematika murid pada Posttest kelas II SD Babusasalam tersebar dari skor terendah 60 sampai skor . sedangkan hasil Pretest dari 25 murid kelas II SD Plus Babussalam pada umumnya memiliki tingkat hasil belajar dalam kategori rendah dengan skor rata - rata 12 dari skor ideal 100. tertinggi 100. Maka penggunaan kartu bilangan pada mata pelajaran bahasa inggris materi penjumlahan 1-10 efektif.