Analisis Profesionalisme Guru Di SDIT Santiniketan

Authors

  • Mochammad Ramdan Samadi STAI Sabili Bandung
  • Riska Purnamasari
  • Jonaidi STAI Sabili Bandung

DOI:

https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.22

Keywords:

profesionalisme guru, kompetensi guru

Abstract

Profesionalisme guru diperlukan untuk pendidikan dan pembelajaran yang efektif. Kompetensi guru yang sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik dan sesuai dengan bidang kopetensi yang dibutuhkan peserta didik akan mewujudkan peran guru sebagai fasilitator yang tepat. Profesionalisme guru juga perlu dikembangkan serta disesuaikan dengan kebutuhan waktu dan tempat peserta didik agar guru memiliki kreativitas dalam penyajian pembelajaran serta berperan tidak hanya mentransfer ilmu melainkan juga memprediksi masa depan peserta didik di lingkungan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif melalui berbagai prosedur yang disederhakan. Hasil penelitian ini adalah 70% guru sarjana pendidikan, 10% guru sarjana nonpendidikan, 20% lulusan SMA/sederajat. Sehingga diperlukan program pengembangan profesionalisme guru yang sesuai denagn tingkat pendidikan dasar.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Ramdan Samadi, M., Purnamasari, R., & Jonaidi. (2023). Analisis Profesionalisme Guru Di SDIT Santiniketan. MURABBI, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.22